Beranda > Cystitis >

Cystitis

Cystitis merupakan inflamasi atau peradangan yang terjadi pada kandung kemih. Bakteri merupakan penyebab utama pada sebagian besar penyakit cystitis.

Penyakit cystitis termasuk dalam infeksi saluran kemih yang paling umum terjadi, terutama sering terjadi pada wanita. Hal ini disebabkan ukuran uretra (saluran untuk pembuangan urine ke luar tubuh) pada seorang wanita lebih pendek dibandingkan dengan pria dan letaknya lebih dekat dengan anus. Oleh karena itu bakteri dari anus akan lebih mudah berpindah dan masuk dalam saluran kemih wanita.>>>> Jika belum jelas, klik disini..

Penyebab terjadinya prostatitis adalah infeksi akibat bakteri yang masuk ke dalam prostat melalui saluran kemih, dan pada prostatitis kronis biasanya terjadi karena pada langkah pengobatan prostatitis akut tidak berhasil membasmi seluruh bakteri yang ada dan mengakibatkan bakteri yang tersisa pada prostat dapat memicu terjadinya kekambuhan berulang. Selain itu juga prostatitis dapat dipicu karena system kekebalan tubuh menurun ataupun cedera pada kelenjar prostat.

Penyebab terjadinya cystitis

Kebanyakan pada kasus cystitis disebabkan oleh bakteri Escherichia coli (E.Coli), Bakteri yang menginfeksi kandung kemih dapat pula terjadi pada wanita akibat hubungan seksual. Tetapi wanita yang tidak aktif secara seksual pun cukup rentan untuk terjangkit infeksi saluran kemih pada area genital. Di samping penyebab cystitis adalah infeksi, tetapi ada beberapa faktor penyebab terjadinya cystitis, yaitu:

1. Dikarenakan obat-obatan.

2. Dapat pula disebabkan oleh pengobatan radiasi pada daerah panggul.

3. Penggunaan kateter jangka panjang dapat pula memicu terjadinya cystitis.

4. eberapa orang mungkin sangat sensitif terhadap bahan kimia yang terkandung pada produk tertentu, seperti mandi dengan busa, semprotan kebersihan feminin, atau dikarenakan oleh jeli spermisida dapat pula mengembangkan reaksi alergi dalam kandung kemih sehingga menyebabkan peradangan.

5. Komplikasi gangguan seperti diabetes, batu ginjal, dan juga pembesaran prostat atau dikarenakan cedera tulang belakang.

Golongan penyakit: Andrologi.

Tanda Gejala Cystitis

Gejala utama dari cyctitis biasanya meliputi:

1. Frekuensi ingin buang air kecil biasanya melebihi normal.

2. Rasa sakit atau adanya sensasi terbakar (perih) saat buang air kecil.

3. Biasanya penderita sering buang air kecil tetapi dengan jumlah sedikit.

4. Urine berwana keruh dan berbau tajam.

5. Rasa sakit pada perut bagian bawah.

6. Terkadang adanya darah pada urine.

7. Tubuh terasa kurang sehat atau biasanya disertai dengan demam.

Bahaya dari penyakit cystitis adalah

Jika penyakit cystitis tidak segera diobat maka penyakit infeksi kandung kemih (cystitis) dapat menjadi suatu penyakit yang lebih serius. Komplikasi yang dapat timbul dapat berupa:

Infeksi ginjal, Infeksi kandung kemih atau cystitis yang tidak diobati maka dapat menyebabkan infeksi ginjal yang disebut dengan pielonefritis. Infeksi ginjal biasanya secara permanen dapat merusak ginjal. Risiko tertinggi dari cystitis adalah kerusakan ginjal yang diakibatkan oleh infeksi kandung kemih, karena gejala yang terjadi sering diabaikan maka sangat berisiko. >>>>Jika belum jelas, klik disini..

Dokter Klinik Apollo menyarankan: penyakit cystitis jika tidak diobati segera dapat menimbulkan bahaya yang cukup besar, sebaiknya jika anda mengalami tanda gejala diatas atau tanda gejala lainnya segera periksakan diri anda segera agar mendapatkan pengobatan yang tepat. >>>>Jika belum jelas, klik disini..

Klinik Apollo adalah ahli spesialis pengobatan penyakit kulit dan kelamin dapat mengobati penyakit kulit dan kelamin sehingga efek penyembuhan sangat baik. Klinik Apollo sudah banyak sukses dalam mengobati berbagai penyakit kelamin karena Klinik Apollo memiliki dokter spesialis yang professional dan berpengalaman dalam bidangnya serta memiliki peralatan medis yang canggih dan lengkap sehingga proses penyembuhan cepat.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan Klik konsultasi online atau hubungi hotline kami di nomor 0813-1518-6262, ahli professional untuk anda.