Beranda > Prostatitis >

Penyakit BPH

Apa Itu Penyakit BPH

Pembesaran prostat jinak atau Benign Prostatic Hyperplasia (BPH) merupakan suatu kondisi dimana kelenjar prostat mengalami pembengkakan. BPH adalah kondisi ketika kelenjar prostat mengalami pembengkakan, namun hal ini tidak bersifat kanker. Kelenjar prostat memiliki fungsi untuk memproduksi cairan semen atau cairan pada sperma yang berfungsi untuk melindungi sperma keluar dari tubuh pria, selain itu juga semen berfungsi sebagai nutrisi sperma dan sekaligus untuk membawa sperma keluar pada saat ejakulasi, selain itu juga memiliki fungsi membantu mengontrol aliran urine. Prostat letaknya terdapat pada bagian bawah kandung kemih, maka jika terjadi gangguan pada prostat akan berkaitan dengan aliran urin.

Apa Penyebab Terjadinya BPH?

Pada saat pria semakin bertambah usia biasanya mereka berisiko untuk mengalami benign prostatic hyperplasia. Penyebab terjadinya penyakit benign prostatic hyperplasia (BPH) masih belum diketahui, beberapa penyebab terjadinya penyakit ini adalah perubahan dalam keseimbangan hormon dan faktor pertumbuhan sel dapat menyebabkan kondisi tersebut. Selain itu, pria dapat mengalami kondisi ini akibat genetik, terutama pada kondisi serius yang membutuhkan operasi pada pria di bawah usia 60 tahun.

>>>bagaimana cara penanganan pembesaran pada kelenjar prostat? [klik disini berkonsultasi] <<<

Apa saja gejala terjadinya BPH?

Gejala umum dari benign prostatic hyperplasia adalah:

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

>>>mengalami gejala pembesaran kelenjar prostat? [klik disini berkonsutasi] <<<

Apa saja bahaya BPH?

Pembesaran prostat jinak terkadang dapat mengarah pada komplikasi akibat ketidakmampuan kandung kemih untuk mengosongkan kandung kemih, hal ini dapat menimbulkan komplikasi antara lain adalah:

Bagaimana Cara Penanganan BPH?

Penanganan penyakit BPH berbeda-beda pada setiap penderitanya. Biasanya dokter akan memilih jenis penanganan yang paling sesuai berdasarkan beberapa faktor seperti:

Penanganan pembesaran prostat jinak (BPH) sendiri dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu penanganan BPH dengan gejala ringan dan penanganan BPH dengan gejala sedang hingga parah. BPH ringan biasanya cukup ditangani dengan obat-obatan resep dari dokter, terapi menahan berkemih, dan perubahan gaya hidup.

Penanganan BPH dengan tingkat keparahan gejala sedang hingga parah adalah melalui operasi, yaitu:

- Reseksi prostat transuretral (TURP).

Prosedur yang dilakukan dengan bantuan alat yang disebut resektoskop ini bertujuan untuk menurunkan tekanan pada kandung kemih dengan cara menghilangkan kelebihan jaringan prostat.

- Vaporisasi prostat transuretral (TUVP).

Tujuan prosedur ini hampir sama dengan TURP. Namun dalam TUVP, bagian prostat yang ditangani akan dihancurkan dan tidak dipotong.

- Transurethral microwave thermotherapy (TUMT).

Dokter akan memasukkan alat yang dapat memancarkan gelombang mikro ke area prostat melalui uretra.

Konsultasikan Diri Anda Pada Klinik Apollo, Klinik Spesialis Kulit Dan Kelamin

Di Klinik Apollo Anda dapat menemukan penanganan terbaik atasi BPH, dengan biaya yang terjangkau. Klinik Apollo merupakan penyedia layanan kesehatan yang berbasis klinik, yang sudah banyak berpengalaman mengatasi berbagai permasalahan penyakit kutil kelamin.

>>>mengalami gejala pembesaran kelenjar prostat? [klik disini berkonsutasi] <<<