Beranda > Balanitis >

Peradangan Ujung Penis

Peradangan yang terjadi pada ujung penis bisa saja disebabkan Anda mengalami balanitis. Umumnya ini terjadi pada pria yang tidak disunat. Meskipun bukan penyakit serius, namun kondisi ini dapat menimbulkan rasa yang sangat sakit.

>> Klik Untuk Informasi Lebih Lanjut <<

Apa Itu Balanitis?

Balanitis adalah peradangan yang terjadi pada kulup ataupun sekitar kepala penis. Peradangan yang terjadi pada ujung penis yang disebabkan oleh beberapa hal salah satunya yaitu, infeksi bakteri. Bisa juga disebabkan oleh pria yang belum melakukan sunat.

>> Penyebab Lain Balanitis <<

Apa Saja Penyebab Dari Balanitis?

Kondisi ini dapat disebabkan oleh beberapa penyebab seperti: bagian kulup pada penis merupakan bagian yang paling mudah kotor karena kondisi yang lembab. Bakteri dan jamur akan mudah tumbuh pada bagian ini, sehingga memungkinkan terjadi infeksi. Infeksi pada penis mengakibatkan kulit di bagian tersebut mengalami peradangan. Hal inilah yang bisa menyebabkan penis menjadi bengkak atau mengalami penyakit balanitis. Sebaliknya, penis yang dibersihkan terlalu berlebihan juga dapat menyebabkan penis menjadi bengkak. Seperti, menggunakan sabun yang mengandung pengharum juga menjadi salah satu penyebab kulit penis mengalami iritasi. Termasuk juga dengan sabun batangan bisa membuat kulit menjadi kering hal ini dapat menyebabkan kulit pada bagian tersebut mengalami hal ini dan menjadi meradang yang menyebabkan bengkak pada penis.

>> Konsultasikan Dengan Dokter Ahli Penyakit Kulit Kelamin Di Sini <<

Gejala dan tanda-tanda balanitis meliputi:

1. Kulit kencang dan berkilau pada kelopak.

2. Kemerahan di sekitar kelenjar

3. Peradangan, nyeri, gatal, atau iritasi pada kelenjar.

4. Kotoran tebal dan kental di bawah kulup.

5. Bau yang tidak sedap.

6. Kulup ketat yang tidak bisa ditarik mundur.

7. Menyakitkan buang air kecil.

8. Kelenjar bengkak di dekat penis.

9. Sakit pada kelenjar.

>> Periksakan Dengan Dokter Jika Mengalami Gejala Seperti Di Atas <<

Bahaya

Balanitis bukan merupakan penyakit dengan tingkat bahaya yang tinggi. Tetapi jika tidak diobati penyakit sekecil apapun akan menjadi sangat bahaya. Komplikasi seperti, terbentuknya jaringan parut pada penis, gangguan aliran darah pada penis dan terjadinya penyempitan di ujung bukaan saluran kemih dapat terjadi jika kondisi ini tidak segera diobati.

Mencegah

Upaya pencegahan agar Anda tidak mengalami kondisi ini bisa dilakukan dengan cara menjaga kebersihan daerah penis agar selalu sehat dan terhindar dari pertumbuhan jamur serta infeksi dari bakteri yang mungkin terjadi akibat menggunakan pakaian dalam yang kotor dan jarang di ganti.

Pencegahan lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan pemeriksaan ke dokter. Mendapatkan bantuan pemeriksaan dari dokter atau tim medis sangat di anjurkan untuk kondisi ini. Sebaiknya periksakan diri anda dengan dokter agar anda dapat ditindak lanjuti sesuai dengan kondisi dan penyebab yang anda alami.

Klinik Apollo merupakan spesialis penyakit kulit dan kelamin, sudah banyak berpengalaman dalam mengatasi penyakit ejakulasi dini. Dengan memiliki teknologi medis yang canggih dan modern, serta dokter yang sudah banyak berpengalaman dalam bidangnya sehingga efek pengobatan sangat baik dan proses penyembuhan cepat.