Beranda > Phimosis >

Phimosis

Apa Itu Phimosis?

Suatu kondisi dimana ujung pada kulit luar penis mengalami penyempitan sehingga tidak dapat ditarik kebawah dan melewati kepala penis yang biasanya mengakibatkan gangguan air seni yang disebut dengan phimosis. Jika kondisi ini dibiarkan dan tidak dilakukan pengobatan maka akan terjadi peradangan yang sangat parah pada penis. Biasanya phimosis terjadi pada anak kecil tetapi tidak sedikit orang dewasa yang mengalami kondisi ini.

Penyebab Terjadinya Phimosis

Phimosis bisa terjadi secara alami. Tidak jelas mengapa hal itu terjadi pada beberapa anak laki-laki tapi tidak pada orang lain. Kondisi juga bisa terjadi jika kulup ditarik secara paksa sebelum sudah siap. Hal ini dapat membahayakan kulit dan menyebabkan bekas luka, sehingga lebih sulit untuk menarik kulit khatan ke depan. Peradangan atau infeksi kulit khatan atau kepala penis (glans) bisa menyebabkan phimosis pada laki-laki.

1. Bagian kulup penis yang kecil menyebabkan tidak dapat melewati kepala penis.

2. Adanya infeksi, atau cedera/luka pada penis.

3. Tidak menjaga kebersihan penis yang menyebabkan adanya bakteri.

>> Klik Disini Untuk Informasi Lebih Lengkap Penyebab Phimosis <<

Gejala Phimosis

Gejala utama phimosis adalah ketidakmampuan untuk menarik kulit khatan pada usia 3. Kulup biasanya mengendur seiring berjalannya waktu, namun proses ini bisa memakan waktu lebih lama pada beberapa anak laki-laki. Pada usia sekitar 17, seorang anak laki-laki harus bisa dengan mudah menarik kulit khatannya.

1. Sulit untuk buang air kecil.

2. Nyeri saat melakukan ereksi.

3. Infeksi saluran kencing dan penis.

Gejala yang paling umum pada phimosis adalah kulup yang sangat ketat serta pembengkakan pada kulit khatan saat buang air kecil. Pada kondisi lain yang jarang terjadi gejala dapat seperti, peradangan, pendarahan dan gatal. Banyaknya kotoran yang mengendap didalam kulup dan tidak dibuang yang menyebabkan timbulnya bau yang tidak sedap bahkan terjadinya infeksi.

>> Konsultasikan Disini Jika Memiliki Gejala Seperti Di Atas <<

Bahaya Phimosis Tidak Di Obati

Ketidakmampuan menarik kembali kulit penis pada kepala penis yang disebut dengan phimosis. Kondisi ini dapat terjadi pada pria dari segala umur. Jika anda mengalami gejala seperti dibawah ini:

1. Pembengkakan pada penis.

2. Gangguan kemih.

3. Nyeri buang air kecil.

4. Susah ereksi.

5. Air kencing yang bercampur darah.

6. Infeksi saluran kencing.

Phimosis yang tidak diobati akan mengalami komplikasi seperti infeksi pada saluran kemih, pembengkakan kepala penis, kerusakan pada ginjal, phimosis juga menjadi salah satu penyebab terjadinya kanker penis. Penyakit phimosis disebabkan adanya kelainan bawaan lahir yang menyebabkan perkembangan kulup pada penis tidak berkembang dengan baik.

Mencegah Terjadinya Phimosis

Upaya pencegahan yang dapat Anda lakukan adalah dengan cara menjaga kebersihan penis Anda agar tetap terawat dan selalu bersih sehingga dapat mengurangi risiko terjadi phimosis atau gangguan lainnya yang dapat terjadi pada kulit atau penis Anda. Mencegah phimosis agar tidak menjadi bahaya dapat Anda lakukan dengan cara melakukan sunat yang dipercaya dapat membantu membersihkan daerah kulup penis terhindar dari kotoran dan lebih mudah saat membersihkannya.